Gosipnesia.com, Jakarta — Penggunaan teknologi di bidang industri sudah semakin tak terelakkan. Era globalisasi yang menuntut kecepatan dan pembaruan digital mendorong para pelaku industri untuk memanfaatkan teknologi terbaru untuk menunjang aktivitasnya.

Saat ini, perangkat lunak dan aplikasi Internet menjadi bagian terpenting dalam struktur ekonomi digital. Seluruh kegiatan ekonomi dan sosial lainnya saat ini memerlukan dukungan dari bagian-bagian tersebut. Tidak mudah bagi sebagian besar negara untuk mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi Internet berkualitas tinggi di dalam negeri.

Oleh karena itu, pasar perangkat lunak dan Internet berkembang dengan sangat baik secara global. Hal ini mempengaruhi rantai nilai IT global yang mana sangat signifikan di negara-negara berkembang, seperti Indonesia. Penerapan teknologi, khususnya yang sudah berbasis Industri 4.0 memungkinkan menghasilkan inovasi untuk produk tanpa mengabaikan kebutuhan konsumen.

Jika tertangani dengan baik, daya saing industi nasional dan global pun akan semakin terpacu. Pemerintah pun sudah menunjangnya dengan peta jalan Making Indonesia 4.0 untuk kesiapan serta strategi memasuki era Industri 4.0. Dan memenuhi target Indonesia masuk 10 besar negara dengan ekonomi terkuat pada 2030.

Penyelenggara 4th International Conference of Computer and Informatics Engineering

Melihat fenomena ini, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer menyelenggarakan 4th International Conference of Computer and Informatics Engineering (4th IC2IE) untuk mempromosikan pertukaran ide dan hasil penelitian yang berkaitan dengan teknik komputer dan informatika.

Penyelenggaraan konferensi ini oleh Politeknik Negeri Jakarta, bekerjasama dengan PS Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Lambung Mangkurat dan Politeknik Negeri Batam. Konferensiini berlangsung di Depok, 21 September 2021 lalu.

Konferensi internasional keempat ini secara teknis mendapat sponsor dari IEEE Computational Intelligence Society dan mendapat dukungan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Section, dengan mengusung tema “Inovasi Industri Digital Berbasis IT untuk Kesejahteraan Masyarakat.”

Pada 4th IC2IE kali ini menerima banyak paper dari berbagai bidang ilmu komputer, informatika, kecerdasan buatan, rekayasa perangkat lunak, sistem informasi, multimedia, teknik komputer, Internet of Things, dan jaringan komputer. Ada 189 paper dari 12 negara yang terdaftar dalam acara seminar ini, antara lain Amerika Serikat, Japan, India, Inggris dan beberapa negara lainnya.

Pemaparan pada Konferensi (Dok. PNJ/Diana)

Konferensi ini mengundang dua pembicara utama dari Jepang dan Nigeria. Kemudian juga ada empat pembicara paralel dari Indonesia yang sukses berkarir di luar negeri dengan latar belakang bidang ilmu komputer. Harapannya konferensi ini akan menciptakan kerjasama antara universitas, industri dan pemerintah dalam sinergitas mengembangkan ilmu pengetahuan untuk mendukung Making Indonesia 4.0 serta strategi memasuki era Industri 4.0. (Diana/https://pnj.ac.id/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.