Kerjasama antara Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat Pelatihan Pemasaran Tempat Kost di RT. 09/RW. 04 di Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Program pelatihan pemasaran tempat kost ini merupakan salah satu cara agar pemasaran tempat kost dilakukan melalui media elektronik agar mudah dipasarkan oleh pemilik kost dan mudah diketahui informasinya oleh yang membutuhkan, baik itu karyawan maupun mahasiswa mengingat disekitar Lemah Gempal terdapat beberapa Perguruan Tinggi dan pusat ekonomi berupa perkantoran maupun tempat perbelanjaan.

Tim Pengabdi dari Universitas Negeri Semarang terdiri dari ketua tim pengabdi: Dr. Eng. Rizqi Fitri Naryanto, S.T., M.Eng dari Fakultas Teknik, anggota tim pengabdi: Muhammad Faizal Ardhiansyah Arifin, S.T, M.T., Ph.D. dari Fakultas Teknik, Bayu Bagas Hapsoro, S.E., M.M. dari Fakultas Ekonomi dan R. Imanu Danar Herunandi, ST dari Fakultas Teknik. Untuk pemateri dari Politeknik Negeri Jakarta adalah Mera Kartika Delimayanti, S. Si, M.T., Ph.D.

Pelatihan pendampingan pemasaran  tempat kost ini melibatkan kurang lebih 20 warga Lemah Gempal IVB RT. 09/RW. 04 Kelurahan Bulustalan yang memiliki tempat kost atau pun yang tidak memiliki. Hal ini diharapkan dapat dilakukan pemasaran oleh siapapun, termasuk oleh yang tidak memiliki tempat kost dengan cara menjualkan tempat kost orang lain.

Pelatihan pemasaran tempat kost ini diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi pemilik kost di Lemah Gempal IVB RT. 09/RW. 04 Kelurahan Bulustalan, tidak hanya untuk pemilik kost namun juga  bagi pemilik usaha laundry maupun pemilik usaha kuliner seperti warung makan dan toko roti disekitar kelurahan Bulustalan, kecamatan Semarang Selatan.

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi yang diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Pelatihan ini mendapatkan pendanaan dari dana DIPA Universitas Negeri Semarang  tahun 2022.

Penyelenggaraan pelatihan pendampingan pemasaran tempat kost ini berlangsung di salah satu warga Lemah Gempal Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan pada Sabtu, 9 September 2022  namun sebelumnya pembuatan aplikasi webnya dilakukan pada 18 Juni 2022. Warga sangat antusias mengikut program Pengabdian kepada masyarakat ini.

Pada pre-test sebelum dilakukan pelatihan peserta pelatihan belum banyak mengenal cara pemasaran produk dengan media digital,  namun setelah mengikuti pelatihan dan kemudian dilakukan post-test dengan hasil yang sangat positif, warga mengetahui cara menggunakan media digital untuk memasarkan tempat kost dan mempermudah warga dalam memasarkan produk yang lain, tidak hanya tempat kost, namun juga usaha yang lain seperti usaha kuliner untuk menunjang kebutuhan pengguna kost. Hal ini menunjukkan bahwa program pengabdian kepada masyarakat ini telah berhasil memberikan manfaat yang baik bagi warga sekitar.

Adapun situs web yang digunakan dalam pelatihan pendampingan tempat kost ini adalah https://bapakkost.com/. Situs web tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan tempat kost untuk tempat tinggal. Berikut dokumentasi pengabdian kepada masyarakat pelatihan pemasaran tempat kost di Lemah Gempal IVB RT. 09/RW. 04, Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan.

Pelaksanaan Pegabdian kepada masyarakat ini merupakan kolaborasi antara Universitas Negeri Semarang dan Politeknik Negeri Jakarta. Melibatkan warga pemilik kost di Lemah Gempal IVB RT. 09/RW. 04 Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan, diharapkan terus dapat terlaksana untuk program yang lain yang membawa dampak positif bagi semua pihak. (tim Pengabdi Pengmas UNNES & PNJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.