Gosipnesia.com, Jakarta – Hidup di daerah perairan tropis, ikan blackghost merupakan salah satu spesies ikan air tawar yang paling populer untuk dijadikan peliharaan di kalangan pecinta ikan hias. Hewan yang masuk dalam keluarga Apteronotidae ini, sepintas mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan bulu ayam serta memiliki cara berenang yang unik jika dibandingkan dengan kebanyakan spesies ikan air tawar pada umumnya.

Memiliki sifat yang penurut dan pemalu ketika berinteraksi dengan manusia, inilah beberapa fakta menarik dari ikan blackghost yang perlu kamu ketahui.

1. Berasal dari sungai Amazon

5 Fakta Menarik Blackghost, Ikan dengan Kemampuan yang Unik

Habitat asli dari Ikan blackghost berasal dari perairan sungai Amazon yang melintang di wilayah benua Amerika bagian selatan meliputi beberapa negara seperti Bolivia, Peru, Brazil dan Kolombia. Di lansir laman Allpetdirectory, ikan blackghost merupakan jenis ikan nokturnal yang hidup di dalam sungai yang memiliki arus air yang lebih lambat dan tenang.

Selain itu, ikan blackghost sangat suka hidup di daerah sungai yang memiliki banyak celah-celah bebatuan yang menjadi tempat persembunyian mereka.

2. Mampu menghasilkan energi listrik

5 Fakta Menarik Blackghost, Ikan dengan Kemampuan yang Unik

Ikan blackghost masuk ke dalam kelompok hewan air yang dapat menghasilkan energi listrik layaknya belut listrik dan lele listrik. Akan tetapi, aliran listrik yang di hasilkan oleh ikan blackghost sangatlah lemah dan hanya di gunakan sebagai alat berkomunikasi sesama mereka bukan untuk melindungi diri dari predator.

Organ dari ikan blackghost yang dapat menghasilkan energi listrik terdapat pada bagian ekor hewan ini yang juga sering di gunakan sebagai navigasi dan radar saat mencari makanan di malam hari.

3. Ciri khas dari ikan blackghost

5 Fakta Menarik Blackghost, Ikan dengan Kemampuan yang Unik

Salah satu hal yang paling menarik dari ikan black ghost memang terletak pada penampilan ikan tersebut yang terlihat sangat unik. Ikan black ghost memiliki dominasi warna hitam pekat dengan bentuk tubuh yang tipis.

Di lansir Animal-World, hewan ini bergerak dengan pola bergelombang serta mempunyai sedikit corak putih di bagian hidung. Di habitat aslinya ikan black ghost dapat tumbuh dengan panjang berkisar antara 20 hingga 50 sentimeter.

4. Ikan yang mudah beradaptasi

5 Fakta Menarik Blackghost, Ikan dengan Kemampuan yang Unik

Memiliki tubuh yang unik serta memiliki kemampuan adaptasi yang baik membuat ikan black ghost banyak di jadikan sebagai ikan hias. Tidak memerlukan perawatan khusus, Ikan black ghost hanya membutuhkan tangki serta air bersih agar ikan ini terhindar dari penyakit.

Beberapa jenis ikan yang cocok untuk di jadikan teman dari ikan black ghost di dalam akuarium seperti Ikan discus, guppy dan ikan angelfish.

5. Memiliki umur yang panjang

5 Fakta Menarik Blackghost, Ikan dengan Kemampuan yang Unik

Ikan black ghost mempunyai sifat pemalu serta memiliki pergerakan yang sangat lambat saat berenang di dalam air. Ikan jenis ini termasuk hewan yang sangat serius dalam mempertahankan wilayah kekuasaannya di habitat aslinya. Mereka mampu bertahan hidup selama 15 tahun dengan memakan berbagai jenis hewan kecil seperti cacing darah dan udang kecil.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Ikan black ghost yang memiliki penampilan yang sangat berbeda dari kebanyakan spesies ikan lainnya. Apakah kamu berminat untuk memelihara ikan black ghost ini? (Gosipnesia.com, Jakarta – Radityo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *