Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan di Latar Belakang Xiaomi

Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan di Latar Belakang Xiaomi terbaru

Aplikasi di latar belakang merupakan fitur yang sangat penting bagi pengguna smartphone Xiaomi. Dengan aplikasi tetap berjalan di latar belakang, pengguna dapat dengan mudah mengakses notifikasi, menerima panggilan, dan menggunakan aplikasi lain tanpa harus membuka aplikasi tersebut secara terus-menerus. Namun, beberapa pengguna Xiaomi mungkin mengalami kendala dalam menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Untungnya, dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah praktis untuk mengaktifkan fitur ini dan memastikan aplikasi Anda tetap berjalan di latar belakang.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah praktis, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu aplikasi di latar belakang. Aplikasi di latar belakang adalah aplikasi yang tetap berjalan dan melakukan tugas tertentu meskipun tidak sedang digunakan secara aktif oleh pengguna. Contoh aplikasi yang berjalan di latar belakang di Xiaomi adalah aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, aplikasi media sosial seperti Facebook, dan aplikasi musik seperti Spotify.

Pentingnya menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang adalah agar pengguna dapat tetap terhubung dengan notifikasi, pesan, dan pembaruan dari aplikasi tersebut.

Mengenal Aplikasi di Latar Belakang Xiaomi

Aplikasi di latar belakang adalah aplikasi yang tetap berjalan meskipun tidak sedang digunakan atau ditampilkan di layar utama perangkat Xiaomi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap menerima notifikasi dan menjalankan fungsi aplikasi tanpa harus selalu membuka aplikasi tersebut.Contoh aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang di Xiaomi antara lain:

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan ini memungkinkan pengguna untuk menerima pesan dan panggilan masuk meskipun aplikasi tidak dibuka. Pengguna dapat melihat notifikasi dan membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

2. Spotify

Aplikasi streaming musik ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik secara terus-menerus meskipun aplikasi tidak aktif di layar utama. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik tanpa gangguan saat menggunakan perangkat Xiaomi.

3. Google Maps

Aplikasi peta ini dapat terus berjalan di latar belakang untuk memberikan petunjuk arah dan pemberitahuan navigasi kepada pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap menggunakan layanan peta tanpa harus selalu membuka aplikasi Google Maps.Pentingnya menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang adalah agar pengguna dapat tetap terhubung dan menggunakan fitur-fitur aplikasi dengan nyaman dan efisien.

Dengan aplikasi tetap berjalan di latar belakang, pengguna dapat menerima notifikasi penting, menjawab pesan, mendengarkan musik, atau menggunakan layanan lainnya tanpa harus membuka aplikasi secara terus-menerus. Hal ini memungkinkan pengguna untuk multitasking dan menghemat waktu serta energi.

Batasan Aplikasi di Latar Belakang di Xiaomi

Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan di Latar Belakang Xiaomi terbaru

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai batasan aplikasi di latar belakang di perangkat Xiaomi. Dalam beberapa kasus, pengguna Xiaomi mengalami masalah dengan aplikasi yang tidak berjalan di latar belakang, yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna. Artikel ini akan menjelaskan mengapa hal ini terjadi, faktor-faktor yang mempengaruhi batasan ini, dan dampaknya pada pengalaman pengguna.

Baca Juga:  Cara Memindahkan File Dari iPhone Ke Laptop Dengan Kabel Data

Mengapa beberapa aplikasi tidak berjalan di latar belakang di Xiaomi?

Ada beberapa alasan mengapa beberapa aplikasi tidak berjalan di latar belakang di perangkat Xiaomi. Beberapa alasan utama meliputi:

1. Optimisasi baterai

Xiaomi memiliki fitur optimisasi baterai yang bertujuan untuk menghemat daya baterai perangkat. Fitur ini dapat mempengaruhi aplikasi yang berjalan di latar belakang karena perangkat dapat secara otomatis membatasi aktivitas aplikasi untuk menghemat daya.

2. Pengelolaan RAM

Xiaomi juga memiliki mekanisme pengelolaan RAM yang dapat mempengaruhi aplikasi di latar belakang. Perangkat dapat secara otomatis membersihkan aplikasi dari RAM untuk meningkatkan kinerja.

Faktor-faktor yang mempengaruhi batasan ini

Beberapa faktor yang mempengaruhi batasan aplikasi di latar belakang di Xiaomi meliputi:

1. Versi MIUI

Versi MIUI yang digunakan dapat mempengaruhi batasan aplikasi di latar belakang. Setiap versi MIUI mungkin memiliki aturan yang berbeda terkait pengelolaan aplikasi di latar belakang.

2. Pengaturan baterai

Pengaturan baterai yang dikonfigurasi oleh pengguna juga dapat mempengaruhi batasan ini. Pengguna dapat mengatur preferensi untuk aplikasi tertentu agar tetap berjalan di latar belakang.

Dampak dari batasan ini pada pengalaman pengguna

Batasan aplikasi di latar belakang dapat memiliki dampak pada pengalaman pengguna. Beberapa dampak yang mungkin dialami oleh pengguna Xiaomi meliputi:

1. Notifikasi terlambat

Jika aplikasi tidak diizinkan untuk berjalan di latar belakang, pengguna mungkin mengalami keterlambatan dalam menerima notifikasi dari aplikasi tersebut.

2. Sinkronisasi data

Aplikasi yang tidak berjalan di latar belakang mungkin tidak dapat melakukan sinkronisasi data secara otomatis. Pengguna perlu membuka aplikasi secara manual untuk memperbarui informasi terbaru.

3. Fungsi terbatas

Beberapa aplikasi mungkin memiliki fitur terbatas jika tidak diizinkan untuk berjalan di latar belakang. Pengguna mungkin tidak dapat menggunakan semua fitur aplikasi dengan optimal.Dengan memahami mengapa beberapa aplikasi tidak berjalan di latar belakang di perangkat Xiaomi, serta faktor-faktor yang mempengaruhi batasan ini, pengguna dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Cara Membuat Aplikasi Tetap Berjalan di Latar Belakang di Xiaomi

Agar aplikasi tetap berjalan di latar belakang di perangkat Xiaomi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Pastikan Aplikasi Berada di Daftar Aplikasi Terkunci

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa aplikasi yang ingin Anda tetap berjalan di latar belakang berada di daftar aplikasi terkunci. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Xiaomi Anda.
  2. Pilih Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang ingin Anda tetap berjalan di latar belakang dan pilihnya.
  4. Pilih Ijinkan Aktivitas Latar Belakang.
  5. Centang opsi Tetap Berjalan di Latar Belakang.

Izinkan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Setelah memastikan aplikasi berada di daftar aplikasi terkunci, langkah selanjutnya adalah memberi izin kepada aplikasi untuk tetap berjalan di latar belakang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Xiaomi Anda.
  2. Pilih Aplikasi.
  3. Pilih Pengelolaan Izin Aplikasi.
  4. Cari aplikasi yang ingin Anda tetap berjalan di latar belakang dan pilihnya.
  5. Pilih Izin Latar Belakang.
  6. Aktifkan opsi Izin Latar Belakang.

Kunci Aplikasi di Latar Belakang

Terakhir, Anda perlu mengunci aplikasi yang ingin tetap berjalan di latar belakang agar tidak terkena penghapusan otomatis oleh sistem Xiaomi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Xiaomi Anda.
  2. Pilih Aplikasi.
  3. Pilih Pengelolaan Aplikasi Terkunci.
  4. Cari aplikasi yang ingin Anda tetap berjalan di latar belakang dan pilihnya.
  5. Aktifkan opsi Kunci Aplikasi pada Latar Belakang.
Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali Di Oppo A3s

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi yang Anda pilih tetap berjalan di latar belakang di perangkat Xiaomi Anda.

Alternatif untuk Mengatasi Batasan Aplikasi di Latar Belakang di Xiaomi

Jika Anda menggunakan smartphone Xiaomi, Anda mungkin sudah menyadari bahwa ada batasan yang diberlakukan pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi tertentu berhenti atau tidak berfungsi dengan baik ketika tidak sedang aktif di layar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa alternatif yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi. Beberapa aplikasi populer yang direkomendasikan untuk hal ini adalah:

  • Greenify: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai dan mengendalikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan menggunakan Greenify, Anda dapat memilih aplikasi mana yang tetap berjalan dan aplikasi mana yang akan dihentikan saat tidak digunakan.
  • Autostart Management: Aplikasi ini memberikan kontrol penuh atas aplikasi mana yang berjalan secara otomatis saat perangkat dinyalakan. Anda dapat memilih aplikasi mana yang akan diizinkan untuk berjalan di latar belakang dan aplikasi mana yang akan dihentikan.
  • MIUI Hidden Settings: Aplikasi ini memberikan akses ke pengaturan tersembunyi pada perangkat Xiaomi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengubah pengaturan aplikasi di latar belakang dan mengoptimalkan penggunaan daya baterai.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang disebutkan di atas dapat membantu Anda menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi. Namun, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan metode ini.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  1. Anda memiliki kontrol penuh atas aplikasi mana yang berjalan di latar belakang.
  2. Anda dapat mengoptimalkan penggunaan daya baterai dengan menghentikan aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang.
  3. Anda dapat meningkatkan performa perangkat dengan mengurangi beban aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kekurangan

  1. Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat menghabiskan lebih banyak daya baterai.
  2. Tidak semua aplikasi pihak ketiga kompatibel dengan semua versi MIUI.
  3. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak sepenuhnya dapat diandalkan.

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda melakukan penelitian terlebih dahulu dan membaca ulasan pengguna untuk memastikan kecocokan dengan perangkat Xiaomi Anda.

Tips dan Trik untuk Mengoptimalkan Aplikasi di Latar Belakang di Xiaomi

Bagi pengguna Xiaomi, menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang dapat sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan smartphone. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang di perangkat Xiaomi Anda.

1. Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang adalah dengan membatasi jumlah aplikasi yang diizinkan untuk berjalan di latar belakang. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan di perangkat Xiaomi Anda.
  • Pilih Aplikasi.
  • Pilih Aplikasi yang Dijalankan di Latar Belakang.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda batasi dan matikan opsi “Izinkan berjalan di latar belakang”.
Baca Juga:  Menggunakan Mode Malam Di Oppo Untuk Pengalaman Fotografi Low Light Yang Lebih Baik

2. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mengaktifkan mode hemat baterai di perangkat Xiaomi dapat membantu mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang. Mode hemat baterai akan membatasi aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk menghemat daya baterai. Anda dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan di perangkat Xiaomi Anda.
  • Pilih Baterai & Performa.
  • Pilih Mode Hemat Baterai.
  • Aktifkan opsi “Hemat baterai” atau “Super hemat baterai”, tergantung pada model perangkat Xiaomi Anda.

3. Nonaktifkan Pemberitahuan untuk Aplikasi Tertentu

Jika Anda ingin mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang tanpa terganggu oleh pemberitahuan, Anda dapat mematikan pemberitahuan untuk aplikasi tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan di perangkat Xiaomi Anda.
  • Pilih Aplikasi.
  • Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Matikan Pemberitahuan.
  • Pilih “Pemberitahuan” dan nonaktifkan opsi “Tampilkan Pemberitahuan”.

4. Gunakan Aplikasi Pengelola Tugas

Menggunakan aplikasi pengelola tugas dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang dengan menghentikan aplikasi yang tidak perlu berjalan secara otomatis. Anda dapat mengunduh aplikasi pengelola tugas dari Play Store dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

5. Perbarui Perangkat Xiaomi Anda

Perbarui perangkat Xiaomi Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan perbaikan bug dan pembaruan performa yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang. Anda dapat memeriksa pembaruan perangkat di Pengaturan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem.

Penutupan

Dalam kesimpulan, menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi adalah hal yang penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menerima notifikasi, menjawab pesan, dan mendengarkan musik tanpa harus membuka aplikasi secara manual setiap kali.

Dengan mengikuti langkah-langkah praktis yang telah kami berikan, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang di Xiaomi. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya dan nikmati pengalaman pengguna yang lebih baik!

Jawaban yang Berguna

Apa itu aplikasi di latar belakang?

Aplikasi di latar belakang adalah aplikasi yang tetap berjalan dan melakukan tugas tertentu meskipun tidak sedang digunakan secara aktif oleh pengguna.

Apa contoh aplikasi yang berjalan di latar belakang di Xiaomi?

Contoh aplikasi yang berjalan di latar belakang di Xiaomi adalah aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, aplikasi media sosial seperti Facebook, dan aplikasi musik seperti Spotify.

Mengapa beberapa aplikasi tidak berjalan di latar belakang di Xiaomi?

Beberapa aplikasi tidak berjalan di latar belakang di Xiaomi karena adanya batasan yang diterapkan oleh sistem operasi.

Apa faktor-faktor yang mempengaruhi batasan ini?

Faktor-faktor yang mempengaruhi batasan ini antara lain kapasitas RAM, pengaturan baterai, dan kebijakan Xiaomi terkait penggunaan aplikasi di latar belakang.

Apa dampak dari batasan ini pada pengalaman pengguna?

Batasan ini dapat menyebabkan pengguna kehilangan notifikasi, pesan, dan pembaruan dari aplikasi yang tidak berjalan di latar belakang, sehingga mengurangi pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Bagaimana cara membuat aplikasi tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi?

Anda dapat mengaktifkan fitur aplikasi di latar belakang di Xiaomi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan Xiaomi

2. Pilih Aplikasi

3. Cari aplikasi yang ingin Anda tetap berjalan di latar belakang

4. Pilih Aplikasi tersebut

5. Aktifkan opsi ‘Izinkan aplikasi berjalan di latar belakang’

6. Selesai! Aplikasi sekarang akan tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi.

Apa alternatif untuk mengatasi batasan aplikasi di latar belakang di Xiaomi?

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify untuk menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi.

Apa kelebihan dan kekurangan dari metode ini?

Kelebihan menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah pengguna dapat memiliki kontrol yang lebih besar atas aplikasi di latar belakang. Namun, kekurangannya adalah pengguna perlu menginstal dan mengkonfigurasi aplikasi tambahan.

Apa aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan?

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan untuk menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang di Xiaomi adalah Greenify.

Apa tips untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang di Xiaomi?

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi di latar belakang di Xiaomi:

1. Batasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang

2. Periksa pengaturan baterai untuk aplikasi tertentu

3. Bersihkan cache secara teratur

4. Perbarui aplikasi ke versi terbaru

5. Matikan fitur notifikasi yang tidak diperlukan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *