Cara Memutar Video YouTube di Latar Belakang: Panduan Lengkap

latar belakang memutar langganan tanpa

Jika Anda pernah ingin mendengarkan musik atau menonton video YouTube sambil melakukan tugas lain di perangkat Anda, Anda mungkin menyadari bahwa fitur bawaan YouTube tidak memungkinkan pemutaran di latar belakang. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk memutar video YouTube di latar belakang di perangkat Android, iOS, dan bahkan di desktop Anda.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti untuk memutar video YouTube di latar belakang. Kami juga akan membahas alternatif dan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan. Jadi, mari kita mulai dan temukan cara terbaik untuk menikmati video YouTube di latar belakang!

Daftar Isi:

Cara Memutar Video YouTube di Latar Belakang

Memutar video YouTube di latar belakang bisa menjadi hal yang berguna bagi pengguna karena memungkinkan mereka untuk mendengarkan musik atau konten audio dari video YouTube sambil melakukan aktivitas lain di perangkat mereka. Ini memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi pengguna yang ingin mengakses konten YouTube tanpa harus terus menerus menonton layar penuh.

Panduan Langkah demi Langkah untuk Memutar Video YouTube di Latar Belakang di Perangkat Android

1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda.

2. Cari video yang ingin Anda putar di latar belakang.

3. Mulai memutar video tersebut.

4. Keluar dari aplikasi YouTube dengan menekan tombol beranda atau tombol navigasi yang sesuai.

5. Video akan terus diputar di latar belakang, dan Anda dapat melihat kontrol pemutaran di bilah notifikasi perangkat Anda.

Panduan Langkah demi Langkah untuk Memutar Video YouTube di Latar Belakang di Perangkat iOS

1. Buka aplikasi YouTube di perangkat iOS Anda.

2. Cari video yang ingin Anda putar di latar belakang.

3. Mulai memutar video tersebut.

4. Keluar dari aplikasi YouTube dengan menekan tombol beranda atau tombol navigasi yang sesuai.

5. Video akan terus diputar di latar belakang, dan Anda dapat mengendalikannya melalui kontrol pemutaran di panel Kontrol Pusat.

Alternatif atau Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memutar Video YouTube di Latar Belakang di Perangkat Android

1. YouTube Vanced: Aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna Android untuk memutar video YouTube di latar belakang tanpa iklan.

2. NewPipe: Aplikasi sumber terbuka yang memungkinkan pengguna Android untuk memutar video YouTube di latar belakang dengan fitur tambahan seperti pengunduhan video.

Alternatif atau Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memutar Video YouTube di Latar Belakang di Perangkat iOS

1. Musi: Aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna iOS untuk memutar video YouTube di latar belakang dan mengubahnya menjadi audio.

2. Cercube: Aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur memutar video YouTube di latar belakang serta pengunduhan video dan audio.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop: Panduan Lengkap

Langkah-langkah untuk Mengaktifkan Fitur Memutar Video YouTube di Latar Belakang di Perangkat Desktop

1. Buka browser web di perangkat desktop Anda.

2. Kunjungi situs web YouTube dan temukan video yang ingin Anda putar di latar belakang.

3. Mulai memutar video tersebut.

4. Minimalkan jendela browser Anda atau beralih ke tab lain.

5. Video akan terus diputar di latar belakang, dan Anda dapat mengendalikannya melalui kontrol pemutaran yang ada di jendela browser.

Kelebihan dan Manfaat Memutar Video YouTube di Latar Belakang

Memutar video YouTube di latar belakang memiliki beberapa keuntungan dan manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Multitasking

Dengan memutar video YouTube di latar belakang, pengguna dapat melakukan aktivitas lain di perangkat mereka tanpa harus terganggu oleh video yang sedang diputar. Misalnya, seseorang dapat menjawab pesan, membaca artikel, atau menjelajahi internet sambil tetap mendengarkan audio dari video YouTube yang diputar di latar belakang.

2. Ekonomis dalam Penggunaan Data

Memutar video YouTube di latar belakang dapat menghemat penggunaan data internet, terutama jika pengguna hanya tertarik dengan audio dari video tersebut. Dengan mematikan tampilan video, pengguna hanya perlu mengonsumsi sedikit data untuk streaming audio, sementara video tidak akan memakan banyak kuota data.

3. Mendukung Pembelajaran dan Mendidik

Memutar video YouTube di latar belakang dapat menjadi alat yang berguna dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Misalnya, seseorang dapat mendengarkan podcast atau kuliah online sambil melakukan tugas lain, atau mendengarkan buku audio atau materi pendidikan yang bermanfaat.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dalam beberapa situasi, memutar video YouTube di latar belakang dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Misalnya, seseorang dapat mendengarkan musik yang memotivasi saat bekerja atau belajar, atau mendengarkan podcast yang memberikan wawasan dan inspirasi.

Contoh Kasus Penggunaan

Sebagai contoh penggunaan nyata, seseorang dapat memutar video tutorial di YouTube tentang cara memasak sambil mempraktikkannya di dapur. Dengan memutar video di latar belakang, pengguna dapat mendengarkan instruksi tanpa harus terus-menerus melihat layar perangkat mereka.

Tabel Perbandingan

Tabel berikut membandingkan penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan menggunakan fitur bawaan perangkat untuk memutar video YouTube di latar belakang.

MetodeKelebihanKekurangan
Aplikasi Pihak Ketiga– Mendukung berbagai platform– Perlu menginstal aplikasi tambahan
Fitur Bawaan Perangkat– Tidak perlu menginstal aplikasi– Tidak didukung di semua perangkat

Risiko dan Keterbatasan Memutar Video YouTube di Latar Belakang

latar belakang memutar langganan tanpa

Saat memutar video YouTube di latar belakang, ada beberapa risiko dan keterbatasan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Potensi Masalah Privasi

Ketika memutar video YouTube di latar belakang, ada risiko privasi yang perlu diperhatikan. Video yang diputar tetap terhubung dengan akun pengguna, sehingga informasi pribadi seperti riwayat penelusuran dan preferensi dapat terbuka untuk akses yang tidak sah. Selain itu, jika pengguna tidak memastikan keamanan perangkat mereka, ada kemungkinan orang lain dapat melihat video yang sedang diputar.

Konsumsi Data yang Lebih Besar

Memutar video YouTube di latar belakang juga dapat mengakibatkan konsumsi data yang lebih besar. Ketika video diputar di latar belakang, pengguna mungkin tidak menyadari seberapa banyak data yang digunakan. Hal ini dapat menyebabkan biaya tambahan jika pengguna menggunakan paket data yang terbatas atau memiliki biaya tambahan untuk penggunaan data yang berlebihan.

Masalah Teknis

Selain itu, ada kemungkinan terjadi masalah teknis saat memutar video YouTube di latar belakang. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah penundaan audio atau video yang tidak sinkron. Hal ini dapat mengganggu pengalaman menonton dan membuat pengguna merasa frustrasi. Selain itu, ada juga kemungkinan terjadinya buffering yang berulang atau video yang tidak dapat dimuat dengan baik.

Solusi dan Tips

Untuk mengatasi risiko dan keterbatasan ini, ada beberapa solusi dan tips yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan untuk mengamankan perangkat dengan menggunakan password atau fitur keamanan lainnya untuk melindungi informasi pribadi. Selanjutnya, periksa pengaturan konsumsi data pada aplikasi YouTube dan pastikan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi jika memungkinkan agar tidak menghabiskan kuota data.Untuk

mengatasi masalah teknis, coba untuk memperbarui aplikasi YouTube ke versi terbaru atau mencoba menggunakan aplikasi lain yang dapat memutar video di latar belakang dengan lebih baik. Jika masalah buffering terjadi, coba untuk mengubah kualitas video menjadi lebih rendah atau memperbaiki koneksi internet.Terakhir,

selalu periksa pengaturan privasi dan keamanan pada akun YouTube Anda untuk memastikan bahwa informasi pribadi Anda terlindungi. Jika ada tindakan mencurigakan atau akses yang tidak sah, segera laporkan kepada pihak berwenang dan ubah kata sandi akun Anda.Dengan memperhatikan risiko dan keterbatasan ini, pengguna dapat memutar video YouTube di latar belakang dengan lebih aman dan efisien.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP: Solusi Praktis dan Efektif

Tips dan Trik untuk Memutar Video YouTube di Latar Belakang dengan Efisien

Memutar video YouTube di latar belakang adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna yang ingin mendengarkan musik atau konten audio dari YouTube sambil melakukan kegiatan lain di perangkat mereka. Namun, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu mengoptimalkan pengalaman Anda dalam memutar video YouTube di latar belakang.

Pengaturan dan Fitur untuk Menghemat Penggunaan Baterai

1. Matikan fitur “Video Quality” yang tinggi: Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk menurunkan kualitas video yang diputar di latar belakang. Dengan mengurangi kualitas video, Anda dapat menghemat penggunaan baterai perangkat Anda.

2. Nonaktifkan fitur “Autoplay”: Dalam pengaturan aplikasi YouTube, Anda dapat menonaktifkan fitur “Autoplay” yang secara otomatis memutar video berikutnya setelah video selesai. Dengan menonaktifkan fitur ini, Anda dapat menghindari penggunaan baterai yang tidak perlu saat memutar video di latar belakang.

3. Gunakan mode hemat daya: Beberapa perangkat memiliki mode hemat daya yang dapat Anda aktifkan saat memutar video di latar belakang. Mode ini akan menyesuaikan pengaturan perangkat Anda untuk menghemat penggunaan baterai.

Cara Mengurangi Penggunaan Data

1. Gunakan koneksi Wi-Fi: Saat memutar video YouTube di latar belakang, pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi untuk menghindari penggunaan data seluler yang berlebihan.

2. Batasi penggunaan video dengan kualitas tinggi: Pengaturan aplikasi YouTube memungkinkan Anda untuk menentukan kualitas video yang diputar. Mengurangi kualitas video dapat membantu mengurangi penggunaan data saat memutar video di latar belakang.

Mengatasi Masalah Buffering

1. Periksa koneksi internet Anda: Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat memutar video di latar belakang. Jika koneksi internet Anda lemah, buffering mungkin terjadi lebih sering.

2. Tutup aplikasi dan buka kembali: Jika buffering terus terjadi saat memutar video di latar belakang, cobalah untuk menutup aplikasi YouTube dan membukanya kembali. Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah buffering.

Mengaktifkan Fitur Audio Only

1. Mulai memutar video di YouTube: Buka video yang ingin Anda putar di latar belakang.

2. Keluar dari aplikasi YouTube: Tekan tombol “Home” pada perangkat Anda atau geser ke layar utama untuk keluar dari aplikasi YouTube.

3. Notifikasi audio akan muncul: Anda akan melihat notifikasi audio di bilah notifikasi perangkat Anda. Ketuk notifikasi tersebut untuk kembali ke pemutar video.

4. Video akan berlanjut di latar belakang: Saat Anda kembali ke pemutar video melalui notifikasi audio, video akan terus diputar di latar belakang sambil Anda melakukan kegiatan lain di perangkat Anda.

Alternatif Lain untuk Memutar Video YouTube di Latar Belakang

Memutar video YouTube di latar belakang merupakan fitur yang sangat diinginkan oleh banyak pengguna. Namun, tidak semua perangkat atau aplikasi mendukung fitur ini. Berikut adalah beberapa alternatif yang dapat digunakan jika Anda ingin memutar video YouTube di latar belakang:

Cara Mengunduh Video YouTube untuk Diputar Secara Offline

Salah satu alternatif untuk memutar video YouTube di latar belakang adalah dengan mengunduh video tersebut untuk diputar secara offline. Berikut adalah cara mengunduh video YouTube:

  1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda.
  2. Cari video yang ingin Anda unduh.
  3. Tap ikon unduh yang tersedia di bawah video.
  4. Pilih kualitas video yang diinginkan.
  5. Tunggu proses pengunduhan selesai.
  6. Setelah selesai, Anda dapat memutar video tersebut secara offline tanpa harus membuka aplikasi YouTube.

Aplikasi Streaming Musik dengan Fitur Pemutaran Video

Selain YouTube, ada juga beberapa aplikasi streaming musik yang memiliki fitur pemutaran video. Beberapa contohnya adalah:

  • Spotify: Aplikasi ini tidak hanya menawarkan streaming musik, tetapi juga memiliki koleksi video musik yang dapat Anda putar.
  • Apple Music: Selain musik, Apple Music juga memiliki koleksi video musik yang dapat Anda nikmati.
  • Deezer: Aplikasi ini juga memiliki fitur pemutaran video yang memungkinkan Anda menonton video musik favorit Anda.

Cara Menggunakan Fitur Picture-in-Picture (PiP) pada Perangkat Android dan iOS

Fitur Picture-in-Picture (PiP) memungkinkan Anda untuk memutar video di latar belakang sambil menggunakan aplikasi lain. Berikut adalah cara menggunakan fitur PiP pada perangkat Android dan iOS:

  • Android:
    1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda.
    2. Pilih video yang ingin Anda putar di latar belakang.
    3. Tekan tombol beranda untuk keluar dari aplikasi YouTube.
    4. Video akan muncul dalam mode PiP dan dapat Anda geser ke sudut layar yang diinginkan.
  • iOS:
    1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda.
    2. Pilih video yang ingin Anda putar di latar belakang.
    3. Tekan tombol beranda untuk keluar dari aplikasi YouTube.
    4. Swipe up from the bottom of the screen to access the Control Center.
    5. Tap the PiP button to enable PiP mode.
    6. The video will appear in PiP mode and you can drag it to the desired corner of the screen.
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email: Panduan Lengkap

Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memutar Video di Latar Belakang

Jika Anda ingin memutar video di latar belakang tidak hanya dari YouTube, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung fitur tersebut. Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan adalah:

  • VLC for Mobile: Aplikasi ini tidak hanya dapat memutar video di latar belakang, tetapi juga mendukung berbagai sumber video.
  • MX Player: Selain fitur pemutaran video di latar belakang, MX Player juga memiliki berbagai fitur lain yang berguna.
  • YMusic: Aplikasi ini memungkinkan Anda memutar video dari YouTube di latar belakang.

Pertimbangan Hukum dan Kebijakan Penggunaan Memutar Video YouTube di Latar Belakang

Pemutaran video di latar belakang merupakan fitur yang sangat diinginkan oleh pengguna YouTube. Namun, ada beberapa pertimbangan hukum dan kebijakan yang perlu dipahami sebelum menggunakan fitur ini.

Kebijakan Penggunaan YouTube Terkait Pemutaran Video di Latar Belakang

YouTube sebelumnya tidak menyediakan fitur resmi untuk memutar video di latar belakang. Namun, saat ini ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pemutaran video di latar belakang, seperti YouTube Vanced dan Newpipe. Meskipun demikian, YouTube tidak secara resmi mendukung atau memberikan fitur ini.

Penggunaan aplikasi pihak ketiga ini juga dapat melanggar kebijakan penggunaan YouTube.

Pelanggaran Hak Cipta atau Kebijakan YouTube saat Memutar Video di Latar Belakang

Memutar video di latar belakang menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat melanggar hak cipta atau kebijakan YouTube. YouTube memiliki hak cipta atas konten yang diunggah oleh pengguna dan melarang penggunaan konten tanpa izin dari pemilik hak cipta. Penggunaan aplikasi pihak ketiga juga dapat melanggar kebijakan penggunaan YouTube, yang dapat mengakibatkan peringatan atau sanksi terhadap akun pengguna.

Cara Menggunakan Fitur Memutar Video di Latar Belakang dengan Bertanggung Jawab dan Sesuai dengan Kebijakan YouTube

Jika Anda ingin menggunakan fitur memutar video di latar belakang, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan fitur ini dengan bertanggung jawab dan sesuai dengan kebijakan YouTube:

  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan aman. Lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut.
  • Periksa kebijakan penggunaan YouTube terkait pemutaran video di latar belakang. Pastikan Anda memahami batasan dan larangan yang ditetapkan oleh YouTube.
  • Jangan menggunakan fitur ini untuk memutar konten yang melanggar hak cipta. Hanya memutar konten yang Anda miliki izin untuk menggunakannya atau konten yang tidak dilindungi hak cipta.
  • Jika Anda menerima peringatan atau sanksi dari YouTube terkait pemutaran video di latar belakang, segera hentikan penggunaan aplikasi pihak ketiga dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh YouTube. Jika diperlukan, hapus aplikasi pihak ketiga tersebut dari perangkat Anda.

Langkah-Langkah yang Harus diambil Jika Menerima Peringatan atau Sanksi dari YouTube Terkait Pemutaran Video di Latar Belakang

Jika Anda menerima peringatan atau sanksi dari YouTube terkait pemutaran video di latar belakang, berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil:

  • Baca dan pahami pemberitahuan atau peringatan yang diberikan oleh YouTube. Perhatikan alasan peringatan atau sanksi tersebut.
  • Hentikan penggunaan aplikasi pihak ketiga yang melanggar kebijakan penggunaan YouTube.
  • Jika diminta oleh YouTube, hapus aplikasi pihak ketiga tersebut dari perangkat Anda.
  • Jika perlu, ajukan banding kepada YouTube dengan menjelaskan bahwa Anda telah menghentikan penggunaan aplikasi pihak ketiga dan akan mematuhi kebijakan penggunaan YouTube di masa mendatang.
  • Jika peringatan atau sanksi tersebut tidak dihapus, pertimbangkan untuk menghubungi ahli hukum yang berpengalaman dalam hukum hak cipta dan hukum digital untuk mendapatkan nasihat lebih lanjut.

Dengan memahami kebijakan dan pertimbangan hukum yang terkait dengan pemutaran video di latar belakang, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan bertanggung jawab dan menghindari pelanggaran hak cipta atau kebijakan YouTube.

Kesimpulan Akhir

Dalam artikel ini, kami telah menguraikan panduan langkah demi langkah tentang cara memutar video YouTube di latar belakang. Kami juga membahas kelebihan dan manfaat dari fitur ini, serta risiko dan keterbatasan yang mungkin Anda hadapi. Selain itu, kami memberikan tips dan trik untuk mengoptimalkan pengalaman Anda dalam memutar video di latar belakang.

Jadi, sekarang Anda memiliki pengetahuan yang lengkap untuk menikmati video YouTube di latar belakang dengan efisien. Selamat mencoba!

Tanya Jawab (Q&A)

Apakah saya bisa memutar video YouTube di latar belakang di perangkat iOS?

Ya, Anda dapat memutar video YouTube di latar belakang di perangkat iOS dengan mengikuti panduan langkah demi langkah yang kami berikan di bagian ini.

Apakah saya perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk memutar video YouTube di latar belakang di perangkat Android?

Tidak, Anda dapat menggunakan fitur bawaan perangkat Anda untuk memutar video YouTube di latar belakang di perangkat Android. Namun, kami juga menyediakan informasi tentang aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif.

Apakah memutar video YouTube di latar belakang akan menghabiskan lebih banyak data?

Ya, memutar video YouTube di latar belakang dapat menghasilkan konsumsi data yang lebih besar. Namun, kami juga memberikan tips tentang cara mengurangi penggunaan data saat memutar video di latar belakang.

Apa yang harus saya lakukan jika audio dan video tidak sinkron saat memutar video di latar belakang?

Jika Anda mengalami masalah dengan sinkronisasi audio dan video saat memutar video di latar belakang, kami juga memberikan solusi dan tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Apakah ada alternatif lain untuk memutar video di latar belakang selain YouTube?

Tentu saja! Selain memutar video YouTube di latar belakang, kami juga membahas alternatif lain seperti mengunduh video YouTube untuk diputar secara offline dan menggunakan fitur Picture-in-Picture pada perangkat Android dan iOS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *